4 Masalah Kerusakan Kusen Bangunan, Penyebabnya dan Cara Memperbaikinya

4 Masalah Kerusakan Kusen Bangunan, Penyebabnya dan Cara Memperbaikinya

Kusen merupakan bagian bangunan yang fungsinya sangat penting yaitu sebagai bingkai untuk meletakkan pintu dan jendela. Bangunan yang menjadi tempat aktivitas manusia seperti rumah, sekolah, kantor dan gedung pasti mempergunakan kusen pada bangunannya. Bahkan kandang hewan juga pasti memiliki kusen pada bangunannya untuk menempatkan pintu.

Bahan kusen ada yang terbuat dari kayu, ada juga yang dibuat dari logam seperti alumunium dan stainless. Untuk rumah biasanya memakai kusen dari kayu karena harganya lebih murah dibandingkan kusen aluminium. Pada tulisan ini kami akan memberikan informasi tentang masalah umum dan kerusakan yang biasanya terjadi pada kusen kayu serta cara memperbaikinya. Disertai cara merawat kusen supaya mampu bertahan lama bertahun-tahun (awet).

1. Kusen Busuk, Penyebab dan Cara Mengatasinya

masalah pembusukan kusen dan cara memperbaikinya
Ilustrasi kusen yang busuk

Kusen yang terbuat dari kayu memiliki resiko mengalami pembusukan yang disebabkan beberapa faktor, yaitu kelembaban, sering basah terkena air, diserang hama atau jamur, serta disebabkan perawatan yang kurang baik. Semakin sering kusen dalam kondisi basah atau lembab, maka kusen akan lebih cepat menjadi lapuk dan keropos. Tapi meskipun kusen selalu kering masih ada penyebab pembusukan yaitu rayap yang menggerogoti kayu dari dalam.

Untuk mengatasi supaya kusen tidak busuk adalah anda harus melindungi kusen dari terpapar air hujan langsung. Karena itu di semua dinding rumah yang terdapat kusen jendela atau pintu, lebih baik diatasnya dipasang penutup atau atap berupa genteng atau canopy. Pastikan ukuran lebar dan panjang penutup itu mampu menghalangi air hujan mengenai kusen.

Setelah memperbaiki masalah kusen dari luar rumah, selanjutnya anda harus periksa bagian dalam rumah yaitu ruangan yang ada kusennya. Pastikan bahwa ruangan tersebut tidak lembab, karena itu pintu dan jendela (ventilasi) harus sering dibuka pada siang hari supaya sirkulasi udara menjadi lancar dan suhu dalam ruangan tidak lembab.

Supaya kusen kayu lebih tahan lama disarankan untuk melapisi kusen dengan cat kayu. Manfaat cat kayu adalah selain melapisi kusen, juga menghambat pertumbuhan jamur dan rayap. Selain itu warna cat juga membuat tampilan rumah menjadi estetis.

2. Masalah Retak Pada Kusen, Penyebab dan Cara Memperbaikinya

kusen retak dan cara memperbaikinya
Ilustrasi kusen kayu retak

Kusen yang retak merupakan salah satu masalah yang sering terjadi pada kusen. Penyebabnya ada beberapa faktor, yaitu struktur bangunan yang kurang kuat sehingga membebani kusen. Penyebab lainnya adalah kusen yang kurang kuat karena usia sudah lama, sebagian sudah lapuk atau jenis kayu yang dipergunakan berkualitas rendah. Kusen yang retak akan mempengaruhi sistem tutup buka jendela dan pintu. Karena itu anda harus segera memperbaikinya supaya masalah tidak menjadi lebih parah dan berakibat buruk pada bangunan.

Untuk memperbaiki kusen yang retak pertama anda harus periksa keseluruhan kondisi kusen. Jika keretakan hanya sedikit saja, maka anda bisa memperbaikinya dengan cara menambal retakan menggunakan lem kayu atau dempul kayu. Tutupi semua bagian yang retak, dan setelah kering gosok menggunakan ampelas supaya permukaan kusen jadi rata dan halus. Tapi jika ditemukan retakan yang parah dan bila dibiarkan kusen bisa rusak parah dan berdampak pada dinding, pintu dan jendela, maka sebaiknya anda mengganti dengan kusen yang baru. Tapi sebelumnya harus diperiksa karena bisa jadi penyebab kusen retak adalah karena struktur bangunan yang tidak rata dan tidak stabil. Baru setelah itu pasang kusen yang baru menggantikan yang rusak.

3. Serangan Hama Pada Kusen dan Cara Mengatasinya

masalah kusen rusak oleh hama dan cara memperbaikinya
Ilustrasi kkusen keropok karena hama dan rayap

Salah satu masalah yang sering terjadi pada kusen kayu adalah serangan hama mengakibatkan kusen jadi keropok dan berlubang, terutama pada jenis kayu yang tingkat kekerasannya rendah seperti kayu jengjeng. Karena itu gunakan jenis kayu keras seperti kayu jati dan kayu pohon kelapa biasanya lebih awet dan tahan dari serangan hama.

Faktor yang menyebabkan kusen mudah terserang hama adalah udara yang lembab serta kurangnya perawatan. Udara lembab membuat kusen menjadi sering basah dan memicu tumbuhnya jamur dan hama, sehingga membuat kayu cepat lapuk dan gampang digerogoti hama. Berikutnya jika anda jarang membersihkan kusen dari debu, juga akan menjadikan kusen sebagai tempat berkembang hama dan rayap.

Untuk memperbaiki kusen yang terkena hama adalah pertama anda bersihkan keseluruhan bagian kusen dari kotoran dan sisa rayap. Selanjutnya anda gunakan cairan untuk membasmi hama. Setelah kering  anda bisa menambal semua bagian yang rusak menggunakan dempul kayu, kemudian setelah kering lanjutkan gosok pake ampelas sampai rata dan halus. Setelah itu cat ulang kusen.

Tapi jika kerusakan kusen sudah sekitar 50% atau lebih parah, maka disarankan untuk mengganti kusen dengan yang baru. Karena kusen yang keropok pada bagian engsel yang terhubung ke jendela atau pintu tidak akan kuat menahan beban jendela atau pintu dan mengakibatkan pintu tidak bisa dibuka tutup dan engsel terlepas.

4. Deformasi Pada Kusen, Penyebab dan Cara Memperbaikinya

masalah deformasi kusen dan cara memperbaikinya
Ilustrasi kkusen hampir lepas akibat deformasi

Deformasi pada kusen yaitu kondisi dimana bentuk dan struktur kusen berubah tidak seperti pertama kali dibuat, bentuk kusen menjadi tidak presisi dan tidak rata. Penyebab deformasi pada kusen bisa dari faktor tembok yang terlalu membebani kusen atau bisa disebabkan kayu kusen yang rusak karena faktor suhu dan cuaca. Karena deformasi kusen maka bisa mempengaruhi mekanisme jendela dan pintu dimana engselnya jadi tidak bisa menempel kuat pada kusen.

Baca juga: 6 masalah kerusakan pada jendela dan cara memperbaikinya

Untuk memperbaiki kusen yang deformasi adalah pertama anda selidiki penyebab masalahnya apakah karena pemasangan yang salah, tembok yang terlalu menekan kusen atau karena cuaca. Selanjutnya anda harus membuka kusen, memasang ulang atau mengganti dengan kusen yang baru.

Demikianlah 4 masalah umum pada kusen pintu dan jendela. Sebaiknya jika anda menemukan salah satu dari kondisi kusen yang rusak atau bermasalah segera memperbaikinya, karena jika dibiarkan bisa berpengaruh pada sistem buka tutup pintu dan jendela dan tentu mengganggu kenyamanan di rumah anda.

Tidak ada komentar untuk "4 Masalah Kerusakan Kusen Bangunan, Penyebabnya dan Cara Memperbaikinya"