6 Masalah Kerusakan Pada Jendela, Penyebabnya dan Cara Memperbaikinya

6 Masalah Kerusakan Pada Jendela, Penyebabnya dan Cara Memperbaikinya

Keberadaan jendela menjadi salah satu bagian yang sangat penting pada sebuah bangunan rumah, sekolah, kantor dan gedung. Fungsi jendela adalah sebagai sirkulasi udara dan masuknya cahaya matahari kedalam ruangan, sehingga lingkungan dalam ruangan menjadi sehat. Oleh karena itu mekanisme jendela harus selalu dalam kondisi baik. Tapi yang namanya benda selalu saja ada masanya mengalami kerusakan, begitu juga jendela. Sebagai informasi kami akan menyebutkan beberapa masalah umum pada jendela serta cara mengatasinya.

1. Kaca Jendela Retak atau Pecah, Penyebabnya dan Cara Mengatasinya

 

kaca jendela retak penyebab dan cara memperbaikinya
Ilustrasi kaca jendela yang retak
 

Jika anda menjumpai kaca jendela yang pecah, maka sebaiknya segera mencari tahu penyebabnya serta memperbaikinya. Karena takutnya ada pecahan kaca yang terinjak atau mengenai bagian tubuh seseorang sehingga menyebabkan luka. Kaca jendela pecah bisa disebabkan terkena benturan benda atau hewan misalnya burung yang terbang dan menabrak jendela, atau juga ada baru yang terpental karena tergilas roda mobil atau motor.

Penyebab kaca jendela pecah selanjutnya adalah bisa juga karena kualitas kaca yang rendah atau terlalu tipis. Rumah yang letaknya pinggir jalan sangat rentan pecah kaca jendelanya akibat getaran yang ditimbulkan kendaraan besar yang lewat. Karena itu disarankan memakai kaca jendela yang tebal jika rumah anda berada di pinggir jalan.

Adapun cara mengatasi masalah kaca jendela yang pecah adalah pertama kali anda harus membersihkan area sekitar dari serpihan kaca. Jika kaca hanya mengalami retak, untuk sementara anda bisa menggunakan lakban yang ditempelkan ke kaca sebelum mengganti dengan kaca baru. Periksa bagian yang terpasang kaca, coba tekan dengan pelan, jika tampak longgar, maka anda perlu memakai sealant karet di sekelilingnya. Fungsinya adalah meredam getaran sehingga meminimalisir resiko kaca jendela pecah.

Baca juga: 6 masalah kerusakan pintu dan cara memperbaikinya

2. Masalah Kusen Jendela Lapuk, Penyebab dan Cara Memperbaikinya

kusen jendela lapuk penyebab dan cara memperbaikinya
Ilustrasi kusen jendela yang lapuk

Kusen jendela umumnya terbuat dari kayu, tapi ada juga yang dibikin dari alumunium. Kusen jendela dari bahan kayu biasanya lebih rentan lapuk atau keropok. Penyebabnya antara lain karena kayu yang dipakai kualitasnya rendah, kusen sering terkena air hujan, suhu udara yang lembab, dan juga disebabkan oleh rayap yang memakan menggerogoti kayu.

Kusen yang keropos jika dibiarkan akan mempengaruhi juga pada jendela sehingga tidak bisa ditutup atau dibuka. Untuk mengatasinya adalah sering-seringlah membersihkan kusen dari kotoran dan jamur. Jika keroposnya masih sedikit, anda bisa menambal nya menggunakan dempul. Jika kusen sering terkena cipratan air hujan, maka sebaiknya anda memasang atap diatas jendela untuk menghalangi air hujan tidak mengenai area jendela. Gunakan cairan anti rayap untuk merawat kusen dan jendela supaya tidak hancur dimakan rayap. Jika kerusakannya sudah terlanjur parah, maka anda lebih baik mengganti kusen dengan yang baru.

3. Masalah Engsel Jendela Aus, Karatan dan Kendur, Penyebab dan Cara Memperbaikinya

engsel jendela aus dan kendur penyebab dan cara memperbaikinya
Ilustrasi engsel jendela aus

Engsel pada jendela berfungsi sebagai sambungan antara daun jendela dan kusen. Meskipun ukurannya kecil tapi engsel harus kuat menopang beban jendela dan kaca. Beberapa masalah pada engsel diantaranya aus, karatan dan kendur. Penyebab engsel aus adalah karena penggunaan yang sudah lama. Sedangkan engsel karatan disebabkan udara lembab atau engsel terkena air hujan. Sedangkan engsel w kendur adalah karena pemasangan slrup atau baut yang kurang panjang dan tidak kencang.

Jika masalah pada engsel tidak segera diatasi, maka bisa menyebabkan jendela susah dibuka atau ditutup karena macet pada engsel, juga yang lebih parah adalah jendela bisa lepas dari kusen. Solusi untuk memperbaikinya adalah anda periksa bagian engsel, jika ditemukan karatan, maka bersihkan menggunakan ampelas, dan setelah bersih dan kering olesi dengan pelumas. Jika engsel tidak kencang atau goyang, maka anda harus mengencangkan skrup menggunakan obeng, pastikan skrup yang dipakai tidak terlalu pendek. Sedangkan engsel yang lepas karena kusen yang rusak, anda bisa memindahkan engsel ke bagian kusen yang masih bagus dan tidak keropos.

4. Jendela yang Sulit Dibuka atau Ditutup Karena Mentok atau Seret dan Cara Memperbaikinya

jendela sulit dibuka tutup penyebab dan cara memperbaikinya
Ilustrasi jendela sulit dibuka tutup

Salah satu masalah yang biasa terjadi pada jendela adalah susah ditutup dan dibuka. Penyebabnya antara lain bisa karena kotoran atau debu yang tebal di area kusen sehingga jendela seret ketika akan ditutup dan dibuka. Engsel yang kendor juga bisa menjadi masalah jendela yang susah ditutup. Struktur kusen yang berubah akibat suhu yang lembab juga jadi salah satu faktor penyebabnya.

Untuk memperbaiki jendela yang sulit dibuka dan ditutup adalah pertama anda coba goyangkan jendela, jika goyang maka penyebab masalah adalah pada engsel yang goplak atau tidak kencang bautnya. Segera kencangkan bagian engsel jendela menggunakan obeng. Jika jendela tidak goyang ketika digerakkan, coba perhatikan ujung jendela ketika akan ditutup apakah menggesek pada kusen, jika demikian, solusinya adalah dengan mengerik kusen memakai ampelas atau sugu sampai tercipta celah antara tepi jendela dan kusen. Jika kedua hal tersebut bagus, maka periksalah engsel apakah berkarat atau seret, jika seperti itu maka olesi engsel menggunakan pelumas atau minyak.

5. Kaca Jendela Buram atau Tidak Jernih dan Cara Memperbaikinya

kaca jendela buram penyebab dan cara memperbaikinya
Ilustrasi kaca jendela buram

Kaca jendela rumah atau kantor yang tampak buram akan memberikan kesan bahwa rumah kurang terawat. Ada beberapa penyebab kaca jendela buram yaitu, karena kaca jarang dibersihkan. Debu halus yang menempel pada kaca lama kelamaan akan menumpuk ditambah udara dingin dan berair yang membuat debu menjadi lengket dan menempel pada kaca. Akibatnya kaca yang dulu jernih kini berubah kecoklatan.

Untuk memperbaiki kaca jendela yang keruh atau buram, tidak ada cara lain selain membersihkannya menggunakan cairan pembersih yang disemprotkan menggunakan sprayer. Selanjutnya gosok-gosok menggunakan lap atau wiper. Lakukan berulang sampai kaca bersih dari debu dan tampak jernih seperti kaca baru.

6. Jendela yang Tampak Tidak Rata atau Miring dan Cara Memperbaikinya

jendela tidak rata penyebab dan cara memperbaikinya
Ilustrasi jendela tidak rata

Jendela yang tidak rata merupakan salah satu masalah yang cukup serius karena sudah pasti jendela tidak bisa ditutup karena mentok ke bagian kusen. Penyebabnya adalah karena usia jendela dan kusen yang sudah lama serta udara yang lembab yang membuat bentuk jendela dan kusen jadi berubah tidak rata atau tidak simetris lagi. Biasanya permukaan kusen yang ukurannya bertambah lebar, atau jendela yang bentuknya agak melengkung.

Untuk memperbaiki jendela yang tidak rata karena bentuknya sudah melengkung adalah dengan mengganti dengan yang baru. Jika masalahnya pada ujung sambungan kayu, maka anda bisa memperbaikinya dengan cara memukul menggunakan palu sampai bentuk jendela kembali rata dan mudah ditutup. Pukul pelan-pelan supaya kacanya tidak pecah.

Itulah beberapa problem umum pada jendela. Supaya jendela awet, selalu bersihkan kaca, bingkai jendela dan kusen dari debu dan air. Buatlah jendela dan kusen menggunakan kayu keras serta pakailah kaca jendela yang tebal supaya tidak mudah pecah.

Tidak ada komentar untuk "6 Masalah Kerusakan Pada Jendela, Penyebabnya dan Cara Memperbaikinya"