Cara Supaya Saluran Air Bawah Tanah Tidak Macet

Cara Supaya Saluran Air Bawah Tanah Tidak Macet

 

Cara Supaya Saluran Air Bawah Tanah Tidak Macet
Ilustrasi saluran pembuangan air

Ketika musim hujan, tentunya salah satu hal yang ditakutkan adalah terjadinya banjir. Salah satu penyebab banjir adalah karena saluran pembuangan air tidak lancar karena tersumbat oleh sampah atau lumpur. Akibatnya pembuangan air menjadi macet. Oleh karena itu untuk mengatasinya kita harus memastikan jalur pembuangan air berfungsi dengan baik. Misalnya membersihkan sepanjang jalur selokan air serta memeriksa kemiringan Tanah selokan tersebut.

Tapi kami memiliki ide yang mungkin bisa Anda pertimbangkan, yaitu membuat saluran pembuangan air bawah tanah. Caranya pun cukup mudah, yaitu anda hanya harus mengubur pipa saluran dari area rumah ke pembuangan akhir. Cara ini memiliki keuntungan yaitu bisa terhindar dari sampah plastik dari luar. Sehingga yang masuk kedalam saluran hanya air dan air sabun saja, tidak ada sampah lainnya.

Tapi ada satu hal yang harus anda pikirkan juga, yaitu bagaimana cara meminimalisir pengendapan didalam pipa saluran terutama ketika cuaca dingin. Karena bagaimanapun air sabun yang berasal dari kamar mandi dan wastafel lama kelamaan akan ada endapan pada saluran pipa, apalagi jika air pembuangan yang mengandung minyak yang berasal dari cucian peralatan masak.

Namun, jangan panik. Karena disini kami akan mengajukan beberapa solusi yang bisa dipakai untuk membuat lancar pada drainase (pembuangan air) bawah tanah.   

Beberapa Penyebab Saluran Air Mampet

 

Penyebab saluran air mampet
Ilustrasi saluran pembuangan air (drainase)

Bagi masyarakat yang tinggal di daerah yang memiliki musim hujan, biasanya pada bagian atas rumah memasang talang air. Fungsinya adalah sebagai saluran air yang turun dari genteng supaya tidak menciprat ke dinding rumah. Tapi, itu saja masih belum cukup. Maka sebaiknya anda juga membuatkan jalur air disekitar rumah yang ujungnya menuju ke pembuangan air bawah tanah.

Tapi cara ini juga memiliki resiko tersumbatnya saluran bawah tanah yang disebabkan oleh kotoran yang ikut terbawa oleh air hujan. Untuk mengatasinya maka anda sebaiknya memasang saringan pada bagian mulut pipa pembuangan yang berguna untuk menyaring sampah atau kotoran yang berukuran besar supaya tidak Ikut terbawa.

Bagian saluran air yang rawan mampet adalah di bagian sambungan yang berbentuk siku atau 'leter L'. Oleh sebab itu ketika membuat konstruksi jalur pembuangan air bawah tanah, kami sarankan sebaiknya dibuat lurus saja tidak berbelok. Juga sudut kemiringan harus diatur dengan benar jangan sampai rutenya  datar 180 derajat karena air tidak akan mengalir.  

Ukuran pipa juga harus yang diameternya besar. Ini dilakukan supaya seberapa banyak pun debit air yang masuk ke saluran pembuangan bisa lewat dengan secepat mungkin. Anda bisa memakai pipa dengan diameter 4 inchi atau lebih. Jangan lupa juga untuk mengubur pipa cukup dalam untuk menghindari dari kerusakan pipa akibat terinjak atau terkena beban benda yang berat.   

Cara Memperbaiki Saluran Bawah Tanah yang Mampet

 

memperbaiki saluran bawah tanah
Ilustrasi pipa saluran pembuangan air

Jika anda mengalami keadaan dimana drainase yang macet berikut ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan. Dan sebaiknya Anda melakukan perbaikan secepatnya supaya ketika hujan datang lingkungan rumah Anda tidak kebanjiran. Berikut ini adalah caranya:  

1. Menggunakan Penyembur Air

Cara pertama untuk mengatasi pipa pembuangan air yang macet adalah dengan memanfaatkan semburan air. Cobalah Anda gunakan selang air yang terhubung ke keran. Selanjutnya buka keran secara full supaya air yang keluar arusnya kencang, akan lebih baik jika Anda memakai alat penyembur seperti yang dipakai di tempat pencucian mobil. Dengan arus dan tekanan air yang kuat, diharapkan kotoran yang menyumbat jalur pipa bisa terdorong dan akhirnya keluar sehingga akhirnya air kembali mengalir secara lancar.

2. Membuka Sambungan Pipa

Ketika pertama kali membuat instalasi pembuangan air, makan sebaiknya anda menandai bagian sambungannya terutama yang diperkirakan rawan macet. Usahakan bagian tersebut letaknya mudah dijangkau dan juga sambungan tersebut sifatnya mudah untuk dibongkar pasang. Tujuannya supaya memudahkan anda ketika melakukan perbaikan. Caranya adalah buka sambungan tersebut kemudian anda rojok menggunakan tongkat bambu atau kayu panjang untuk mendorong kotoran didalam pipa. Selanjutnya semburkan air bertekanan kuat pada bagian tersebut supaya jalur pipa jadi benar-benar bersih.

3. Menggunakan Air Panas

Selanjutnya masalah pembuangan air yang macet bisa diatasi dengan menuangkan air panas. Penyebab pembuangan yang mampet salah satunya adalah akibat lemak yang menempel di sekitar pipa sehingga lubang pipa menjadi sempit. Nah dengan menggunakan air panas maka gumpalan lemak tersebut akan mencair sehingga diameter pipa kembali menjadi lebih besar dan masalah mampet bisa terselesaikan.

4. Menggunakan Alat Tukang Ledeng

Sebelum melakukan cara-cara diatas, sebaiknya anda memulai dengan cara yang mudah yaitu memanfaatkan alat penyedot yang biasa dipakai tukang servis pipa. Dengan alat ini anda bisa memompa bolak-balik di bagian yang tersumbat. Lakukan berulang-ulang sampai sampah yang menyumbat tertarik keluar pipa. Tapi jika setelah menggunakan cara ini tidak berhasil, maka anda bisa menggunakan cara pertama.

5. Tips Tambahan

Keempat cara diatas bisa anda lakukan dan biasanya akan berhasil. Sebagai tambahan kami akan memberikan tips untuk mengatasi masalah pembuangan air yang tidak lancar. Pasang saringan air pada setiap bagian pipa tempat air masuk. Periksa kemiringan jalur pipa. Letakkan pipa atau kubur dan pastikan tidak beresiko rusak akibat tekanan atau terinjak. Gunakan pipa berkualitas bagus yang awet dan tahan pecah selama bertahun-tahun. Usahakan tidak menggunakan sambungan yang berbentuk 'L' atau sambungan siku. Gunakan pipa berdiameter besar.

Itulah beberapa cara dan solusi untuk mengatasi masalah pembuangan air yang mampet. Semoga bermanfaat dan dengan jalur air yang mengalir dengan baik bisa menghindarkan anda dari genangan air atau bahkan banjir di musim hujan. 

Tidak ada komentar untuk "Cara Supaya Saluran Air Bawah Tanah Tidak Macet"