5 Masalah Pada Pintu, Penyebabnya Serta Cara Memperbaikinya

5 Masalah Pada Pintu, Penyebabnya Serta Cara Memperbaikinya

Pintu menjadi salah satu bagian rumah yang penting. Karena itu pintu harus selalu dalam kondisi bagus serta sistem buka tutupnya lancar. Pintu depan, pintu kamar mandi, pintu kamar tidur semuanya harus lancar ketika digunakan sehingga ketika kita masuk atau keluar ruangan bisa dengan mudah. Selain itu, jika kondisi pintu serta kuncinya bagus berarti juga keamanan rumah menjadi maksimal, dan penghuni rumah pun menjadi tenang ketika malam hari atau ketika pergi meninggalkan rumah.

Tapi tidak bisa dipungkiri bahwa hampir setiap rumah memiliki masalah dengan pintu, kebanyakan adalah disebabkan usia bangunan yang sudah lama atau juga bahan pintu, engsel, kusen dan struktur bangunan yang berubah. Berikut ini adalah beberapa masalah yang umum terjadi pada pintu serta kami lengkapi dengan informasi cara memperbaiki kerusakan pada pintu.

1. Pintu Susah Dibuka atau Ditutup Begini Cara Memperbaikinya

pintu susah dibuka ditutup dan cara memperbaikinya
Ilustrasi pintu susah dibuka

Memiliki pintu yang susah ketika dibuka dan ditutup menjadi masalah yang cukup menjengkelkan karena membuat kita yang tinggal di rumah menjadi tidak nyaman. Apalagi jika yang susah ditutup adalah pintu kamar mandi, tentu kita ketika mau mandi menjadi tidak tenang dan kuatir ada orang yang lewat, atau ketika buang air baunya bisa keluar.

Adapun penyebabnya adalah disekitar baut engsel yang tidak kuat, bentuk kusen yang sudah tidak rata, atau bentuk pintu itu sendiri yang tidak simetris. Jika kusen terbuat dari kayu, biasanya bagian yang ditempeli engsel sudah rapuh karena dimakan rayap.

Cara Memperbaiki Pintu yang Susah Ditutup dan Dibuka

Ketika kita menjumpai pintu yang masalahnya susah ditutup, sebaiknya jangan emosi kemudian memukul atau menendang pintu tersebut karena dikhawatirkan bisa memperparah masalah. Untuk problem pintu seperti ini ada kategori ringan yang bisa anda perbaiki sendiri, juga ada yang berat dan mungkin perlu mengganti bagian tertentu dan perlu diperbaiki oleh orang yang ahli.

1. Engsel yang Aus

Penyebab dari pintu yang sulit dibuka dan ditutup adalah engsel yang aus atau longgar. Biasanya adalah skrup yang menancap pada engsel sudah longgar dan hampir lepas, akibatnya posisi pintu jadi oblak dan mentok ke kusen atau ke lantai sehingga pintu susah ditutup.

2. Kusen yang Tidak Rata

Masalah ini biasanya dialami pada kusen yang terbuat dari kayu, sedangkan kusen yang terbuat dari alumunium atau baja ringan biasanya bentuknya rata kecuali pernah kena benturan seperti palu sehingga merubah bentuk kusen. Kusen kayu ketika pertama kali dipasang bentuknya masih bagus dan rata, tapi lama-lama karena perubahan suhu biasanya bentuk kusen kayu berubah melenting atau agak bengkok akibatnya tepi pintu bagian dalam mentok pada bagian kusen yang bengkok itu.

Untuk memperbaikinya anda bisa menggunakan pahat untuk membuang bagian yang melenting tersebut. Anda juga bisa menambahkan paku pada bagian bermasalah tersebut, tujuannya supaya bagian melenting tersebut ketarik kedalam sehingga bentuk kusen menjadi rata.

3. Penyusutan Pada Pintu

Masalah ini biasanya terjadi pada pintu yang berbahan kayu, apalagi bukan kayu keras seperti kayu jati. Kayu biasanya akan berubah bentuk karena faktor kelembaban dan terkena air misalkan pintu kamar mandi. Dalam jangka waktu beberapa tahun biasanya bentuk pintu akan berubah tidak simetris dan ini menjadi penyebab pintu menjadi seret ketika dibuka dan ditutup. Karena jarak tepi pintu ke kusen dan ke permukaan lantai menjadi terlalu rapat.

Cara mengatasi masalah ini adalah anda harus membuang bagian yang terlalu menempel tersebut menggunakan pahat atau hampelas sampai ada jarak yang cukup untuk mekanisme buka tutup pintu.

4. Pintu yang Terlalu Tebal

Ketebalan pintu harusnya seimbang dengan ukuran tepi kusen yang dipasangi engsel. Jika pintu terlalu tebal melebihi bagian kusen tersebut maka akan membuat tepian pintu itu mentok ke kusen sehingga pintu sulit ditutup dan dibuka. Untuk mengatasi masalah ini anda harus menipiskan pintu bagian yang dipasangi engsel tersebut menggunakan pahat atau sugu.

5. Pelumas yang Kering atau Habis

Pada bagian engsel pintu harus selalu licin oleh pelumas. Karena jika pelumasnya kering makan engsel akan seret atau lebih parah jika sudah muncul karatan pada engsel. Jika sudah karatan maka engsel akan macet dan pintu sulit dibuka tutup. Untuk memperbaikinya adalah anda pertama kali harus membersihkan karat pada engsel menggunakan sikat atau ampelas. Setelah bersih dan tidak ada karatan, selanjutnya anda oleskan pelumas boleh menggunakan minyak goreng atau oli kendaraan pada engsel. Kemudian buka tutup pintu berulang kali sampai pintu menjadi ringan dan mudah dibuka tutup lagi.

6. Pintu Mengenai Lantai

Untuk masalah ini bisa disebabkan karena bentuk pintu yang ujung bawahnya terlalu panjang atau bisa juga permukaan lantai yang bergelombang atau tidak rata, akibatnya bagian bawah pintu menyeret atau menggesek lantai sehingga pintu macet. Untuk memperbaikinya adalah anda bisa meratakan lantai yang agak menonjol atau bisa juga anda memotong bagian bawah pintu menggunakan gergaji atau gerinda. Potong kira-kira sekitar 1 cm, tapi bila masih seret, maka potong 1 cm lagi.

Baca juga : 6 masalah dinding rumah dan cara memperbaikinya

2. Masalah Kunci Pintu Rusak Atau Macet

kunci pintu rusak dan cara memperbaikinya
Ilustrasi kunci pintu

Kunci pintu juga bisa memiliki banyak masalah yang tentunya bisa mengganggu kenyamanan anda. Karena sesuai fungsinya kunci adalah untuk mengamankan pintu ketika malam hari supaya tidak ada pencuri yang masuk. Juga ketika rumah anda tinggalkan sementara misalnya sedang bepergian bersama keluarga maka anda bisa tenang ketika tahu rumah anda telah dikunci pintunya. Lalu bagaimana jika kunci pintu dalam kondisi rusak dan bagaimana solusinya? Berikut ini kami memberikan informasinya.

1. Banyak Kotoran atau Debu

Kita tidak bisa menghindari masuknya debu kedalam lobang kunci yang lama kelamaan menumpuk di mekanisme kunci. Akibatnya sistem kunci menjadi macet. Untuk memperbaikinya adalah dengan menyemprotkan air menggunakan sprayer atau bisa juga menggunakan pompa angin yang meniupkan angin sampai debu dan kotoran bersih dari area lobang kunci.

2. Perangkat Pengunci yang Aus 

Karena penggunaan yang cukup lama serta kunci yang terbuat dari bahan besi yang berkualitas rendah, maka biasanya peralatan kunci menjadi aus sehingga ketika memasukkan mata kunci akan terasa longgar. Jika terjadi masalah ini maka anda tidak bisa memperbaikinya karena yang harus dilakukan adalah mengganti perangkat kunci dengan yang baru.

3. Kerusakan pada Mekanisme Kunci Pintu 

Berikutnya ada masalah pada mekanismew kunci yang umum terjadi yaitu ada bagian yang lepas dari posisi yang benar misalnya per atau pegas. Biasanya disebabkan penggunaan kunci yang terlalu kasar atau karena usia kunci yang sudah lama. Untuk memperbaikinya adalah dengan cara membongkar perangkat kunci yang menempel pada pintu dengan membuka skrup. Selanjutnya periksa mungkin ada sparepart yang terlepas kemudian pasangkan kembali. Untuk lebih detailnya anda bisa melihat video tutorial memperbaiki kunci pintu ini.

4. Perangkat Kunci Sudah Berkarat 

Berikutnya penyebab kunci pintu yang macet adalah karena perangkat sistemnya sudah berkarat. Mengingat sparepart kunci terbuat dari logam besi, maka ada kemungkinan timbul karatan disebabkan pernah kemasukan air atau karena suhu lembab. Untuk memperbaikinya anda pertama kali harus membongkar perangkat kunci kemudian membersihkan bagian yang berkarat menggunakan ampelas sampai bersih. Supaya awet anda sebaiknya mengoleskan minyak atau oli pada keseluruhan mekanik kunci. Setelah itu pasang kembali seperti semula.

3. Pintu Bunyi Berderit Saat Dibuka dan Cara Memperbaikinya

 

pintu bunyi berderit dan cara memperbaikinya
Ilustrasi pintu bunyi berderit
 

Jika pintu rumah berbunyi ketika digerakkan itu bunyinya akan terdengar cukup mengganggu karena biasanya suara deritnya cukup keras. Penyebabnya biasanya adalah pada kusen yang kurang kuat, atau bisa juga engsep yang sudah sedikit macet. Untuk memperbaikinya pertama kali anda harus memeriksa sumber masalahnya dulu. Coba dengarkan dengan seksama sambil pintu dibuka tutup secara pelan-pelan saja. Jika masalahnya pada engsel, maka anda harus memberikan pelumas pada engsel pintu. Tapi jika masalah ada pada bingkai pintu, maka anda harus mengencangkannya, dan tindakan ini sebaiknya dikonsultasikan dengan tukang kayu atau tukang bangunan yang sudah profesional.

4. Engsel Pintu Kendur Hampir Lepas

engsel pintu kendor dan cara memperbaikinya
Ilustrasi engsel pintu yang kendur

Engsel pada pintu merupakan bagian yang tidak boleh dianggap sepele pada pemasangannya juga pada bahan dan jenis engsel yang dipakai. Mengingat bahwa fungsi engsel selain untuk mempermudah buka tutup pintu, juga memiliki tanggung jawab sebagai penopang pintu. Karena itu jika anda menggunakan pintu yang bobotnya berat, maka jangan sekali-kali menggunakan engsel yang tipis. Pakailah engsel yang tebal dan dari bahan besi yang kuat dan diperkirakan mampu menopang beban pintu.

Umumnya sebuah pintu memakai dua buah engsel yang dipasang pada bagian atas dan bawah pintu. Tapi jika pintunya berat, maka disarankan supaya anda menambah dia buah engsel lagi di bagian tengah supaya kuat menopang pintu.

Penyebab berikutnya pada engsel yang kendur adalah pemakaian skrup atau baut yang terlalu pendek, sehingga ketika pintu sering dipakai, lama kelamaan skrup akan tertarik dan akhirnya kendur bahkan lepas. Solusinya adalah pakailah skrup yang panjang kira-kira berukuran 3 cm supaya lebih menancap kedalam dan lebih kuat menahan beban pintu.

Sebaiknya gunakan engsel yang berukuran panjang dan memiliki banyak titik untuk skrup misalnya yang ada 6 titik. Maksudnya adalah supaya beban bisa terbagi dan meminimalisir skrup tertarik atau lepas. Kencangkan skrup sampai tembus kedalam kusen, jangan sampai kepala skrup masin menonjol karena bisa membuat pintu susah ditutup. Supaya awet berilah pelumas pada bagian engsel.

5. Pintu Bentuknya Tidak Rata Atau Miring

pintu bentuknya tidak rata dan cara memperbaikinya
Ilustrasi pintu yang tidak rata

Yang berikutnya adalah penyebab masalah pintu yang bentuknya tidak rata atau miring. Jenis kayu yang kualitasnya rendah biasanya lama kelamaan karena penggunaan serta karena kelembaban bisa membuat bentuk pintu berubah, misalnya menjadi melengkung pada bagian bawahnya. Akibatnya pintu tidak bisa ditutup secara sempurna, bahkan perlu sedikit didorong supaya pintu bisa tertutup. Bentuk pintu seperti ini tidak bisa diperbaiki, artinya anda harus mengganti dengan pintu yang baru dan bentuknya rata.

Penyebab dari pintu yang miring selanjutnya adalah karena bobot pintu yang terlalu berat sedangkan engsel dan kusen tidak mampu menahannya sehingga bagian pintu sebelah atas biasanya agak tertarik dan ini yang membuat pintu menjadi miring. Untuk memperbaikinya adalah dengan mengganti engsel ke yang lebih kuat atau menambah beberapa engsel lagi untuk membantu menahan pintu.

Demikianlah beberapa masalah umum yang terjadi pada pintu rumah, kamar dan kamar mandi. Intinya adalah fungsi pintu untuk membuka tutup serta mengunci tidak optimal. Karena itu ketika memesan pintu anda harus lebih hati-hati soal pemilihan bahan kayu atau alumunium yang dipakai. Juga ukuran pintu, kusen dan dinding dirumah harus seimbang. Serta perangkat seperti engsel dan kunci disarankan memakai yang kualitas tinggi.

Tidak ada komentar untuk "5 Masalah Pada Pintu, Penyebabnya Serta Cara Memperbaikinya"