3 Masalah Pada Atap Rumah dan Cara Memperbaikinya

3 Masalah Pada Atap Rumah dan Cara Memperbaikinya

Memiliki rumah yang nyaman tentu menjadi keinginan hampir semua orang. Rumah sebagai tempat tinggal harus memenuhi syarat yaitu melindungi dari kondisi lingkungan seperti panas matahari ketika siang, menahan dari cuaca dingin serta menjaga ketika hujan. Selanjutnya tentu harus memiliki nilai estetika.   Pada tulisan ini kami akan mengkhususkan pada informasi seputar atap rumah, apa saja masalah yang biasa terjadi pada atap rumah serta solusi membetulkannya. Tidak lupa juga tatacara dan aturan yang harus diterapkan ketika membangun konstruksi desain atap rumah. Sehingga menghindari dari hal-hal yang bisa merusak atap rumah di kemudian hari.

1. Masalah Atap Rumah Bocor, Apa Penyebabnya dan Bagaimana Cara Memperbaikinya

 

masalah atap rumah bocor atau retak dan cara memo
Ilustrasi atap rumah retak dan bocor

Atap rumah yang bocor seringkali menjadi masalah yang mengganggu bagi pemilik rumah. Bocornya atap rumah bisa disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya adalah usia atap yang sudah tua, kerusakan pada bahan material atap, atau pemasangan konstruksi atap yang kurang baik.

Jika atap rumah bocor bisa saja mengakibatkan kerusakan pada bagian-bagian rumah seperti plafon, dinding, cat dan properti yang berada di bawah area atap.  Jika di area rumah anda ada tetesan- tetesan air yang jatuh dari langit-langit rumah, makan bisa diperkirakan itu adalah air hujan yang masuk melalui atap yang bocor.

Untuk memperbaikinya, pertama adalah mencari sumber kebocoran. Disini anda harus naik menggunakan tangga.  Selanjutnya cara memperbaiki atap yang bocor berukuran kecil atau berbentuk retakan adalah melakukan penambalan.

Alat dan bahan yang bagus untuk menambal atap iris/bocor adalah cairan waterproof dan kuas, atau bisa juga menggunakan lakban khusus penambal bocor. Untuk mendapatkan hasil tambalan yang maksimal yaitu anda melakukan proses penambalan ketika hujan sudah reda dan bagian yang retak sedang dalam kondisi kering. Karena jika masih basah biasanya kemampuan waterproof kurang efektif.

Selain itu anda harus memeriksa atap rumah bagian luarnya, karena ada kemungkinan retakan atau bocor itu disebabkan ada benda yang jatuh dan menimpa atap, misalnya dahan pohon yang patah.

Buang dulu benda yang jatuh menimpa atap baru kemudian anda tambal bagian atap yang bocor. Jika anda memiliki tanaman yang dahannya mengenai atap makan sebaiknya dahan tersebut di potong saja dan usahakan diatas atap tidak ada apapun yang berpotensi jatuh menimpa atap. 

Lakukan perawatan atap dengan cara membersihkannya enam bulan sekali. Dan jika tampak atap yang rusak atau bocornya besar maka tidak bisa diperbaiki secara ditambal tetapi harus diganti atapnya keseluruhan.

Baca juga: Cara memperbaiki talang air yang bocor

2. Masalah Atap Rumah Bergelombang, Penyebab dan Cara Memperbaikinya

 

masalah atap rumah bergelombang dan cara memperbaikinya
Ilustrasi atap rumah bergelombang

Janganlah anda menganggap enteng pada bentuk atap rumah yang bergelombang. Akan ada banyak akibat yang terjadi jika kondisi atap rumah anda bergelombang. Adapun penyebabnya adalah pemasangan atap yang tidak rata dan perubahan kondisi material penyangga atap karena faktor usia. Salah satu penyebab masuknya air hujan kedalam rumah yaitu melewati sela-sela atap yang tidak rata tersebut.  

Jika anda berniat memperbaiki atap rumah yang bergelombang, maka sebelumnya anda periksa dulu apa faktor penyebabnya.  Jika penyebabnya adalah pemasangan atap yang tidak rata, maka atap perlu diangkat lalu direnovasi sampai bentuknya rapih dan rata, baru setelah itu atap dipasang kembali.

Jika penyebabnya adalah struktur atap yang tidak kuat, maka anda harus mengganti bagian yang bermasalah tersebut dengan bahan yang kuat dan diperkirakan mampu menahan bobot atap yang berat. Jika penyebabnya adalah karena perubahan suhu, maka pertimbangkan untuk menggunakan material atap yang lebih tahan terhadap perubahan suhu misalnya menggunakan material baja ringan.

3. Masalah Atap yang Berlumut dan Cara Mengatasinya

 

masalah atap rumah berlumut dan cara memperbaikinya
Ilustrasi aatau berlumut

Rumah yang telah berusia lebih dari setahun biasanya pada bagian atap rumahnya muncul lumut. Hal ini tidak bisa dihindari karena lumut muncul secara alami pada atap yang terkena suhu lembab, terkena hujan dan sinar matahari secara langsung. Dan ini sangat sulit untuk dihindari.

Tapi yang jadi masalah adalah penampilan rumah menjadi kurang estetis akibat munculnya lumut pada atap rumah karena membuat berubah warna. Selain itu jika dibiarkan maka lama-lama lumutnya akan melebar dan menjadi tebal, biasanya juga akan tumbuh tanaman sejenis rumput. Kondisi ini akan berbahaya karena tanaman itu masuk kedalam celah-celah atap, akibatnya bila hujan, air akan masuk ke celah tersebut (bocor).

Solusi atap yang berlumut adalah dengan cara membersihkannya menggunakan sikat dan cairan pembersih seperti anda menyikat lantai kamar mandi. Lakukan berulang kali sampai permukaan atap tidak ada lagi lumut dan kerak yang tersisa. Selanjutnya supaya atap lebih awet tidak terkena jamur dan lumut, maka sebaiknya anda mengecat permukaan atap menggunakan cat besi atau cat kayu.

Tapi yang tidak kalah penting adalah anda harus memeriksa saluran pembuangan air dan sudut kemiringan atap, jangan sampai ketika hujan ada air yang menggenang dan berkumpul tidak langsung terbuang ke bawah. Pada air yang menggenang itulah biasanya penyebab munculnya lumut. 

Itulah beberapa masalah umum kerusakan atap rumah beserta solusinya. Semoga bermanfaat. Selalu perhatikan kondisi atap secara berkala beberapa bulan sekali. Dan jika menjumpai salah satu masalah diatas maka harus segera diatasi, jangan dibiarkan karena bisa berdampak tidak baik pada rumah tempat tinggal anda.

Tidak ada komentar untuk "3 Masalah Pada Atap Rumah dan Cara Memperbaikinya"